Minggu, 29 Juli 2018

Harus Pandai Mengelola Waktu Ya!

Pernah gak sih kalian merasa atau berpikir hidup kita seperti ada yang kurang, biasa-biasa aja, gak ada perubahan, lempeng-lempeng aja gitu.

Setiap hari selalu melakukan kegiatan yang sama. Gak ada kegiatan baru yang dilakukan. Hal ini membuat hidup menjadi kurang produktif.


Mungkin hal ini terjadi karena kita kurang baik dalam mengatur dan memanfaatkan waktu yang ada.


Dalam tulisan kali ini, aku mau memberikan kutipan yang cukup panjang dari buku The Real Muslimah karya Arif Rahman Lubis, penggagas komunitas dan media dakwah Teladan Rasul.



The Real Muslimah: Harus Pandai Mengelola Waktu Ya!


Kehidupan di dunia sangat terbatas dan singkat. Kapan saja kita bisa menyentuh pintu keluar. Bisa hari ini, besok, lusa, atau 30 puluh tahun lagi. Tugas kita memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya untuk mengumpulkan bekal amal saleh.


Muslimah yang cerdas adalah yang menggunakan waktunya dengan sebaik-baiknya. Apakah tujuan hidup kita sudah digunakan dengan benar?


...


Sahabat, kuatkanlah dalam hatimu bahwa kau ingin mengumpulkan bekal amal saleh sebanyak-banyaknya. Dan lakukanlah mulai hari ini. Katakanlah dalam hati:


Hari ini hari terbaikku. Hari ini adalah milikku. Hari ini adalah milikku. Hari ini bisa jadi hari terakhirku. Aku akan membentuk kebiasaan terbaik hari ini. Ya, mulai hari ini. Hari ini aku akan mencurahkan segala bentuk perhatian, kepedulian, dan kerja keras untuk membentuk kebiasaan terbaik.


Hari ini aku akan melakukan salat yang khusyuk, zikir sepenuh hati, doa dengan penuh keyakinan, serta membaca Al-Quran dengan penuh peresapan. Aku bertekad untuk mengerjakan salat wajib tepat waktu. Aku akan melakukan salat Dhuha, Rawatib, dan Tahajud. 


Aku akan mengisi waktu dengan membaca buku-buku yang membuatku lebih memahami agama, memperbaiki akhlak, dan meningkatkan kemampuanku.


Hari ini aku akan melakukan tobat nasuha. Menginsyafi segala dosa yang telah aku lakukan, memohon ampunan-Nya, dan berjanji tidak akan melakukan kezaliman. Hari ini pula aku akan memelihara diri, keluargaku, dan segala yang haram.


Dengan mengucapkan rasa syukur, hari ini aku coba memahami bahwa segala yang aku miliki adalah sebaik-baiknya nikmat dari-Nya.


Hari ini aku akan membagi waktu dengan bijaksana. Menjadikan setiap detik, menit, dan jam dengan kebaikan. Aku akan belajar dengan giat dan bekerja penuh semangat.


Hari ini aku akan berbicara yang baik-baik, tidak akan berkata kotor, tidak akan mencela, dan tidak akan membicarakan kejelekan orang lain. Aku tidak peduli pada aibku sendiri. Aku akan sibuk menertibkan urusanku, dan membersihkan hatiku.


Hari ini aku berusaha menanam benih kebaikan. Hari ini aku akan berusaha mencabut akar penyakit hati; iri, dengki, dendam, dan prasangka buruk. Hari ini aku akan semangat menebarkan manfaat.


Waktuku akan kugunakan untuk memberi kebahagiaan untuk orang lain, memberikan nasihat, membantu orang yang kesulitan, bersedekah, menjenguk orang yang sakit, memberi makan orang yang kelaparan, dan menolong yang lemah.


Aku akan mendampingi orang yang dalam kesusahan, memberikan pertolongan kepada orang yang lemah, dan memuliakan orang tua, saudara, sahabat, san tetangga.



Sumber bacaan:


Lubis, Arif Rahman. 2017. The Real Muslimah. Jakarta: Qultum Media.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SERIAL FILM PAT A PAT COMO SEBAGAI SARANA EDUKASI ANAK USIA DINI

Pada usia dini merupakan momen tahap perkembangan yang sangat baik bagi anak. Anak-anak lebih cepat dalam menangkap segala sesuatu yang mer...