Senin, 23 Juli 2018

Kapan Giliran Kita?

Kapan Giliran Kita??

Ada yang datang, pasti ada yang pergi. Itulah kehidupan. Ada yang lahir ke dunia, ada pula yang pergi meninggalkan dunia. Ada yang hidup, pasti ada yang mati.


Mungkin ini sebuah peringatan dari Allah untuk kita, bahwa kematian itu adalah hal yang nyata dan pasti kedatangannya.


Kemarin dan hari ini ku mendengar banyak berita duka. Berita duka bahwa ada saudara dan saudari kita yang telah pergi jauh mendahului kita. Hanya dengan jarak waktu sehari bahkan beberapa jam saja, berita duka yang lain pun datang.


Entah kapan giliran kita menyusul mereka. Sebab, tidak ada yang tau kapan datangnya kematian pada diri kita. 


Semua manusia pasti menginginkan meninggal dalam keadaan yang baik, suci, dan bersih. Namun, tak akan  ada yang tau di mana kematian akan menjemput dan dalam keadaan seperti apa nanti kita mengakhiri hidup ini. Entah di rumah, kampus, di jalan, sedang belajar, olahraga, sakit, atau sedang melakukan perbuatan maksiat. Nauzubillahiminzalik. 


Lalu, bekal apa yang telah kita persiapkan untuk bertemu dengan-Nya. Sudah berapa banyak amalan baik yang telah kita lakukan.
Tak bisa kubohongi, diri ini pun masih sangat jauh dalam mempersiapkan bekal-bekal tersebut.
Tak bisa kupungkiri juga, diri ini masih berlumuran akan dosa-dosa.

Tidak tahu berapa banyak dan lama lagi Allah memberikan kesempatan hidup pada kita. Puluhan tahun, satu tahun, satu bulan, satu hari atau bahkan dalam beberapa menit lagi.

Dari sini, diriku mendapatkan pelajaran bahwa waktu yang Allah berikan kepada kita sangatlah berharga, jangan pernah kita sia-siakan. Gunakan sebaik-baiknya waktu yang Allah berikan. Perbanyak dan siapkanlah bekal.  Sebab, kita tidak akan pernah tahu, kapan kematian datang menghampiri diri kita.

"Dan setiap yang bernyawa tidak akan mati kecuali dengan izin Allah, sebagai ketetapan yang telah ditentukan waktunya. Barang siapa menghendaki pahala dunia, niscaya Kami berikan kepadanya pahala (dunia) itu, dan barang siapa menghendaki pahala akhirat, Kami berikan (pula) kepadanya pahala (akhirat) itu, dan Kami akan memberi balasan kepada orang-orang yang bersyukur". (Surat Ali-Imran: 145)

1 komentar:

SERIAL FILM PAT A PAT COMO SEBAGAI SARANA EDUKASI ANAK USIA DINI

Pada usia dini merupakan momen tahap perkembangan yang sangat baik bagi anak. Anak-anak lebih cepat dalam menangkap segala sesuatu yang mer...