Jumat, 20 Juli 2018

Usaha dan Doa (bagian 1)

Apa yang harus dilakukan ketika ingin mendapatkan sesuatu yang sangat sangat diinginkan dan sangat diharapkan?

Pasti ada yang menjawab

"Berusaha semaksimal mungkin."
"Banyak-banyak usaha dan doa."
"Doa, usaha, hasil serahkan sama Allah."
"Gue akan berusaha, sampe titik darah penghabisan."
"Semangat berjuang. Jangan lupa doa"

Yap yap yap
Berusaha dan Berdoa, pasti dua kata itu yang akan sering muncul.

Dalam mendapatkan sesuatu yang diinginkan emang harus kudu, wajib berusaha dan perbanyak doa. Gak mungkin kan, tinggal diam, duduk manis sambil ngopi, terus keinginan kita terwujud.

Sedikit kilas balik masa-masa pas masih camaba, calon mahasiswa baru.

Waktu SMA dulu, pengen banget kuliah di kampus perjuangan. Yap, di UI. Dulu selalu ngebayangin bisa kuliah di UI, kampus besar, banyak pohon-pohon, pake jakun (jaket kuning), naik spekun (sepeda kuning) hehehe

Keinginan untuk kuliah di UI udah gak bisa dibendung lagi. Bener-bener maksimalin usaha, walau usaha sekecil dan sesepele apapun itu.

Disela-sela masa-masa pendaftaran kuliah jalur SNMPTN, ada hal kecil mungkin hal sepele yang gue lakukan. 

Kebetulan ada saudara yang lulusan UI dan fakultasnya sama dengan yang gue pilih. Iseng-iseng, gue foto pakai jaket kuning dia. Ckreeek ... Oke jadilah foto itu ada di HP. Gak sampai di situ, gue juga foto paper bag pas dia wisuda. Ckreeek ... Oke deh

Dulu masih aktif di Facebook, upload-lah dua foto itu dengan dikasih keterangan yang terisi doa dan harapan.

Mungkin itu hanya sebuah status atau cerita singkat tentang foto yang di-upload. Namun, itu bukan hanya sekadar kata-kata biasa. Dalam tiap-tiap kata itu merupakan doa. Doa tidak hanya dalam bentuk lisan saja, namun dalam tulisan dengan mengharapkan sesuatu yang baik itu jugalah doa.

Menunggu ... menunggu sampai menunggu hasil pengumuman. Dan ...

Alhamdulillah ... tepat jam 5 sore, hasil pengumuman menunjukkan, kalau diri ini diterima di kampus perjuangan itu. 

Air mata kebahagiaan jatuh, bukan hanya dari dua bola mata ini saja. Namun, dari orang tua, saudara, bahkan adik juga ikut menangis.

Dan, Alhamdulillah, akhirnya bisa foto dan pakai jaket kuning milik sendiri.

Yap,
Sebenarnya banyak usaha yang diri ini lakukan untuk menggapai keinginan itu. Namun, di sini diri ini ingin berbagi bahwa jangan pernah menyepelekan hal sekecil apapun itu. Usaha sekecil apapun apabila dilakukan dengan penuh semangat, keyakinan, dan konsisten, InsyaAllah hal yang diinginkan akan tercapai.

Begitu juga doa. Kekuatan doa begitu dahsyat. Doa yang dilakukan terus menerus tanpa lelah, dan selalu menyertakan Allah, Tuhan dalam setiap langkah kita, InsyaAllah, keinginan itu akan terwujud. Dan yang terpenting adalah doa dan ridha orang tua. 

"Sungguh kita dianjurkan banyak meminta; sebab yang tak pernah memohon apapun pada Allah, justru jatuh pada kesombongan"

- Salim A. Fillah 

2 komentar:

SERIAL FILM PAT A PAT COMO SEBAGAI SARANA EDUKASI ANAK USIA DINI

Pada usia dini merupakan momen tahap perkembangan yang sangat baik bagi anak. Anak-anak lebih cepat dalam menangkap segala sesuatu yang mer...